You're Prettiest When You're Happy

Senin, 11 Agustus 2014

SUSHI RUMAHAN, BISA DENGAN BAYAM DAN TELUR

| |

Mau bikin Sushi ala rumahan, dengan bahan sederhana dan sangat gampang untuk dibuat, tetapi dengan rasa yang enak dan juga pas dengan lidah kita. Sushi itu makanan Orang Jepang, yah memang sudah banyak restoran Jepang di Indonesia yang menyediakan masakan-masakan jepang, seperti okonomiyaki yang biasanya hanya terbuat dari kubis, mie, dan telur, hanya cara memasak yang lain dari orang Indonesia dan diberi semacam bumbu khusus dan juga taburan dari bambu yang sudah diolah, (itu yang pernah saya makan di rumah makan jepang, mungkin sedikit berbeda tiap resto). Kalau bento, mungkin hampir seperti tempura ya, cuma bahan nya lain.
Okey. Mari kita mencoba membuat sushi rumahan Ala saya. Saya akan membuat dua sushi, yaitu sushi dengan nori (rumputlaut), yang memang biasa digunakan untuk membuat sushi pada umumnya, dan sushi yang dibungkus dengan telur dan bayam. Hal ini untuk mengantisipasi bagi teman teman yang tidak menemukan Nori di mini market yang dengan rumah teman teman. Walaupun sudah banyak produk Nori yang dijual di supermarket dan mini market. tapi bagi yang tidak bisa menemukan Nori bisa memakai Telur dan Bayam untuk menggantikan Nori.

Bahan Bahannya :
  • Telur
  • Bawang Putih
  • Kornet/sosis/ayam cincang
  • Bawang Bombay(boleh pakai atau tidak)
  • Timun
  • Beras Ketan & Beras biasa (perbandingan 1:2, apabila ketan 1/2kg, maka beras 1kg atau bisa menggunakan nasi biasa saja.)
  • Bayam
  • Saus pedas
  • mayonnaise
  • Nori

 Cara Membuatnya :
  1. Masak Nasi, Boleh nasi ketan dan nasi biasa. atau nasi biasa saja. tambahkan Garam, daun salam, dan santan (beri bumbu secukupnya agar terasa gurih) . Masak Nasi sampai Pulen.
  2. Rebus Bayam.
  3. Goreng Telur Tipis tipis, lebih mudah menggunakan teflon.
  4. Masak Untuk isi, apabila dengan sosis tidak perlu di masak, apabila dengan kornet atau daging ayam cincang, bisa di tumis dengan bawang putih dan diberi garam atau penyedap lainnya agar lebih berasa.
  5. Tumis Bawang Bombay dengan Margarin.
  6. Iris Timun memanjang hilangkan isi dan kulitnya.
  7. Apabila semua bahan sudah siap dan sudah matang, tinggal kita buat sushinya. 

Sushi Dengan Nori :
Ambil Nori letakkan pada tempat untuk menggulung, biasanya menggunakan penggulung sushi, teman teman bisa browsing atau membeli di mini market, atau kalau tidak ada bisa menggunakan plastik seperti saya. Letakkan Plastik dibawah nori, ambil nasi dan ratakan diatas nori, jangan lupa membasahi tangan teman-teman dahulu agar tisak lengket, tekan tekan agar merata dan tidak usah terlalu tebal, secukupnnya saja, letakkan timun, kornet/sosis/daging ayam, dan bawang bombay, kemudian gulung dengan bantuan plastik (tapi plasiknya jangan ikut digulung, caranya sama dengan menggunakan penggulung sushi, teman teman bisa browsing cara menggulung sushi). Jangan lupa basahi ujung terakhir nori dengan air agar bisa merekat. Kemudian potong sesuai selera, jangan lupa ketika memotong menggunakan pisau yang tajam dan diolesi minyak. 

Sushi dengan Telur dan bayam:
pertama Susun telur yang sudah di goreng tipis diatas plastik, kemudian ambil bayam rebus, tata dengan rata diatas telur sehingga menutupi seluruh bagian telur, kemudian susun nasi, timun, sosis atau kornet dan bawang bombay, kemudia gulung dan potong seperti diatas. caranya sama.

Bisa liat contoh foto yang saya upload, Saya minta Maaf kalau fotonya kurang bagus, karena hanya memakai kamera handphone.




Semoga postingan saya kali ini membantu teman teman dalam kuliner, memperluas pengetahuan teman teman semua.

Sushi ini cocok dimakan untuk camilan, atau digunakan sebagai bekal. seperti saya, sushi ini saya buat untuk bekal memancing dilaut. dan juga sebagai camilan dirumah, bisa disajikan dengan saus dan mayonnaise atau di cocol.

1 komentar:

go-top
Jola Shop mengatakan...

Asik akhirnya nemu juga resep ini, gara2 nyobain di mangkok ramen di permata cimahi... jadi pengen bikin sendiri... di bookmark dulu deh... thanks min

Posting Komentar

Galih Prastiwi Maulani

13.22.1543

Pengikut

 
 
 
top